Tuesday, 13 June 2017

Overbooking Ticket Pesawat Turkish Airlanes

Saat searching di Google tentang Overbooking pesawat Turkish Airlanes,  tidak banyak orang memposting tentang overbooking ini. Padahal, kamu yang mungkin suka bertraveling dan berpergian dengan pesawat,  sewaktu waktu bisa mendapat overbooking loh.  Di satu sisi overbooking mungkin merugikan,  namun disisi lainya,  overbooking itu menguntungkan juga. ini adalah cerita Overbooking dari Maskapai Turkis Airlanes.

From Google



Aku akan share sedikit tentang overbooking yang dialami adiku sendiri,  saat ia sedang dalam perjalanan pulang dari Istanbul (Turki)  ke Indonesia (jakarta).  Saat itu,  adiku ini sudah bersiap pulang dan menunggu di bandara Attaturk, Istanbul sesuai jadwal booking return ticketnya.  Seharusnya adiku pulang di tanggal yang tertera di tiket return tersebut, dengan pesawat turkish airlanes dengan kode TK 57.

Setelah check in dan mau masuk ke imigrasi, tiba tiba seseorang dari pihak maskapai turkish airlanes ini yang bernama Mr.  Faruq Pakso,  memanggil adik saya, tentu adik saya kaget,  karena biasanya tidak ada orang yang akan memanggilnya bila sudah masuk check in dan menuju pintu gate.
Ternyata,  Mr Faruq,  ini memanggil adik saya untuk menjelaskan bahwa adik saya tidak bisa berangkat pulang saat ini,  dan dikenakan Overbooking dari pihak Turkish Airlanes.  Lucunya,  sampe saat faruq menjelaskan ini,  adik saya masih belum paham apa itu Overbooking. 

Menurut pengalaman adik saya, mendapatkan Overbooking dari pihak Turkish Airlanes mungkin merugikan, karena waktu kepulangan menjadi mundur satu hari. tapi, di sisi lain ternyata menguntungkan juga, karena dengan adanya Overbooking tersebut, uang tiket adik saya bisa kembali. overbooking yang ditawarkan pihak Turkish Airlanes cukup besar, yaitu 600 Euro atau sekitar 8.5 Jutaan. 

seharusnya, uang sejumlah tersebut dikreditkan ke kartu kredit, jika penumpang memang memiliki kredit card. tapi, karena adik saya tidak punya kartu kredit, uang tersebut akan diambil tunai di negara Asal, atau dalam hal ini uang overbooking tersebut harus diambil di kantor perwakilan turkish airlanes Jakarta, yang ada di Menara Prudential, wilayah Jakarta Selatan.

So... buat kamu para traveller, Overbooking dari pihak Maskapai bisa saja terjadi saat kamu sedang dalam perjalanan ke negara lain. mengurus Overbooking Turkish Airlanes tidak terlalu ribet, hanya saja proses dan prosedurnya cukup resmi. 

Happy Sharing :)


No comments:

Post a Comment