Monday, 5 June 2017

Kota Tasikmalaya Hitam dan Putih

Tasikmalaya adalah salah satu kota di wilayah Jawa Barat yang sering disebut sebagai ibu kota Priangan Timur. saya sih mendengarnya seperti itu, tapi belum tahu pasti apa alasanya disebut sebagai ibu kota priangan timur. mungkin, karena dari beberapa kota lainya seperti Garut, Ciamis dan Banjar, kota Tasikmalaya ini adalah yang paling terlihat berkembang dan ada di area priangan timur. kamu yang belum pernah mengunjungi kota Tasikmalaya, sepertinya harus mulai memasukan Kota ini ke dalam List Tujuan Wisata kamu, karena kota Tasik ini menyimpan berbagai hal Unik dan Menarik Untuk diketahui.

Mesjid Agung Tasikmalaya 

Sekarang Ini Kota Tasikmalaya sedang berbenah, untuk menjadi ibu kota yang sebenarnya bagi Wilayah Priangan Timur. bersama Bapak Wali Kota Budi Budiman dan Wakilnya Bapak Yusuf, kota Tasikmalaya saat ini terlihat mengalami perkembangan Yang Signifikan. keindahan Kota Mulai diperhatikan, Investasi mulai meningkat. selain itu, Tasikmalaya sebagai sektor Wisata juga mulai dikenal, terbukti dengan banyaknya pembangunan Hotel bintang 3 di Tasikmalaya ini.



Sisi Hitam dan Putih 

Sisi Hitam dan Putih Tasikmalaya yang akan saya sampaikan, bukan berarti mengulas apa yang menjadi daya tarik kota santri ini, atau apa yang malah menjadi hal negatif dari kota ini. Hitam Putih disini hanyalah beberapa Foto dalam versi hitam putih yang berhasil saya abadikan lewat kamera saya.


Old Phone
Saat Kota Santri ini sedang melakukan pembenahan untuk menjadi Kota terbaik di Priangan Timur ini, sisa-sisa Tasikmalaya yang dulu, masih belum hilang. salah satunya telepon koin ini, yang dulu menjadi favorit, sekarang hanya kenangan.


Pengendara Motor

Becak

di Tasikmalaya, salah satu sarana Transportasi yang masih digunakan dari dulu sampai sekarang, adalah becak. untungnya transportasi Online seperti Grab Taxi atau Gojek sepertinya belum marak di sini, abang becak masih cukup populer.

PKL (Pedagang Kaki Lima)

kalau kamu ke Tasikmalaya, dan masuk ke jalan Cihideung, kamu akan menemukan sejejer roda pedagang kaki lima yang cukup tertata rapi saat ini. nah, Roda-roda ini kabarnya pemberian dari Bapak Walikota, untuk memfasilitasi PKL di sekitar Jalan Chidieung, agar jualanya lebih rapi. sekarang bentuknya mirip seperti pasar kaget, namun lebih rapi dibandingkan dulu.

Pejalan Kaki
jalan kecil ini mungkin tidak lebih populer dari jalan-jalan lainya di sekitar kota Tasikmalaya. tapi lewat jalan ini, terkadang bisa memperpendek jalur kita yang hendak pergi ke arah Jl. Hz Mustafa dari Jl. Yudanegara. jalan ini sebenarnya dikenai tanda perboden di depanya, tapi orang-orang kekeuh memilih jalan ini agar  lebih cepat ke tujuan.


Taman Kota Tasikmalaya

karena saya asli Bandung, tapi tinggal di Tasikmalaya, saya sering membandingkan antara kedua kota ini. Bandung sekarang terkenal karena banyak bangunan taman tematik yang indah dan juga modern. sentuhan kreatifitas sepertinya ada di setiap sudut jalan di Bandung. sebaliknya, dulu Tasikmalaya tidak seperti itu. Tasikmalaya masih kota kecil yang banyak kekuranganya, terutama tidak memiliki taman kota khusus seperti punya Bandung. tapi sejak 2016 akhir, Tasikmalaya boleh sombong sekarang, karena kita punya taman kota yang luas dan Indah.

Nasi Tutug Oncom
kota Tasikmalaya memang cukup Iconic dari dulu karena terkenal dengan nasi tutug Oncomnya. sampai sekarang nasi tutug Oncom masih banyak dijual di Tasikmalaya. tapi, karena Tasik semakin berkembang, berbagai jenis makanan mulai bermunculan, popularitas nasi TO mulai menurun dan kalah dengan makanan sejenis Seblak yang berasal dari bandung.

bermunculanya kafe-kafe serta kedai warung makan, juga menjadikan tasik semakin menarik untuk dikunjungi, terutama oleh kaum muda. saya yang dulu sempat bilang "Tasik belum selengkap Bandung" tapi kini, saya merasakan Bandung dulu sudah muncul di Tasikmalaya. Tasik juga kaya akan Komunitas para anak muda kreatif yang gemar dengan sesuatu hal yang kreatif juga, seperti Cosplay, fotografi, hijaber dan lain sebagainya.

Yuk Main ke Tasikmalaya, Untuk berpetualang seperti aku :)


No comments:

Post a Comment