Sunday, 15 January 2017

Cara Mengganti Kartu SIM XL Yang Hilang Entah Kemana

Saya adalah pengguna Kartu Sim XL yang cukup setia. sejak dari jaman Kuliah di awal tahun 2007 lalu, hingga sekarang saya masih menggunakan kartu sim XL saya. ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh kartu sim ini terutama di era smartphone seperti sekarang ini. paket internet yang ditawarkan XL banyak pilihanya, cukup terjangkau dan mudah diaplikasikan. itu salah satu alasan saya masih setia sama XL.


Sim Card XL 4G


sejak jaman kuliah, saya tidak terlalu sering ganti-ganti handphone, alasanya karena selain budget terbatas, teknologi handphone ini terlalu cepat berkembang, jadinya baru beberapa bulan menggunakan handphone baru, bulan depanya sudah muncul handphone dengan keunggulan yang lebih baik lagi, saat itu teknologi yang sedang booming adalah perubahan jaringan HSPA ke 3G lalu berubah lagi ke 4G. 

pertengahan 2016 lalu, saya mulai menggunakan kartu Sim XL saya dengan format 4G. kebetulan, ceritanya habis membeli smartphone baru, yang mengharuskan menggunakan 4G dengan sistem Hybrid  pada slot memori cardnya. karena smartphonenya baru, otomatis kartu lama XL saya yang masih HSDPA dengan jenis Makro SIM, tidak bisa diinput ke smartphone ini, jadinya kartu lama saya tidak terpakai. sedangkan kartu 4G yang baru hadir dengan nomor yang baru juga.

saya merasa malas untuk kembali menginput nama kontak teman-teman dan orang penting lainya lewat sim card XL yang baru, tapi untungnya sebelum menggunakan smartphone yang baru, smartphone lama saya sudah menggunakan sistem menyimpan kontak di Gmail, jadinya tidak usah menyalin kontak secara manual lagi.

saya menggunakan paket data internet dari kartu sim card XL yang baru, dengan nomor yang baru, tapi saat menggunakan Whatsaap, nomor penting yang aku sering keep in touch, justru tidak ada di kontak nomor yang baru. smartphone saya mereknya Coolpad, dan dia punya fitur Ruang Pribadi yang hanya saya yang bisa mengaplikasikanya. dari situ saya memutuskan, akan menjadikan kartu XL lama saya untuk jadi nomor smartphone baru ini, tanpa berpikir panjang , karena jenisnya masih Makro SIM, saya potong dengan alat khusus, hingga berbentuk Nano SIM.

setelah diaplikasikan, ternyata kartu SIM tidak terdetek, saya pikir kalau sim card XL nya dijadikan Nano, dari ukuran Makro, hasilnya sama saja bisa digunakan seperti biasa. ternyata tidak bisa terdeteksi, dan LCD menunjukan tidak ada Signal untuk kartu XL tersebut. sayang sekali, padahal sudah dipotong ya.

setelah beberapa bulan saya mencari kartu XL lama saya tersebut, karena ukuranya sudah mengecil, mungkin terjatuh entah dimana, sepertinya hilang. nomor kartu sim card XL lama saya, sudah banyak dikenal teman-teman, saudara dan kerabat, jadinya sayang banget kalau sampai tidak digunakan. akhirnya saya ke XL Center untuk meminta penggantian kartu sim card XL baru dengan nomor yang sama.

Cara Mengganti Kartu SIM XL Yang Hilang sebagai berikut :

1. tidak perlu membawa kartu Sim card yang lama, karena kartunya hilang
2. Siapkan ID KTP/SIM Asli atau Fotokopi
3. siapkan ingatan anda seputar kartu XL lama
4. CS akan bertanya sudah berapa kali mengunjungi XL center
5. tidak perlu mencatat 5 kontak nomor telepon yang diingat 
6. Penggantian kartu baru biayanya Rp. 10.000 (XL Star Gratis)
7. harus diisi pulsa minimal Rp.25.000 jika Kartu lama sebelumnya sudah Hangus

Proses penggantian kartunya juga tidak sampai 20 Menit, jadi cukup siapkan Uang, siapkan ingatan anda seputar penggunaan Kartu XL yang lama dan hilang tersebut, lalu tunggu, kartu Sim XL yang baru akan segera diberikan dan bisa langsung digunakan dengan nomor yang sama, sesuai keinginan kita. mengganti kartu SIM XL yang hilang ternyata mudah dan praktis. 







No comments:

Post a Comment