Saturday, 5 December 2015

Korekgraphy: dari tidak bernilai, menjadi bernilai seni tinggi

Fotografi adalah sesuatu hal yang terkait dengan pengabadian moment indah ataupun sebaliknya, yang dilakukan oleh manusia, dengan menggunakan sebuah kamera. Kamera adalah sebuah alat yang digunakan oleh manusia, untuk menangkap moment-moment tersebut. Sejak zaman dulu, fotografi membuat kita mengenal atas apa yang terjadi pada saat itu, dan apa yang terjadi saat sekarang. Fotografi membuat kita mengetahui segala macam peristiwa yang pernah terjadi di dunia ini.

Saat ini, fotografi sudah menjadi bagian dari hidup kita. Fotografi tidak lagi hanya milik seorang wartawan peliput berita, atau juga milik fotografer professional, namun dengan berkembangnya teknologi dan kreativitas, fotografi menjadi life style untuk sebagian orang saat ini. Ditambah lagi dengan hadirnya kamera DSLR untuk berbagai level dan juga menjamurnya Smartphone yang dilengkapi dengan kamera, menjadikan fotografi seperti virus yang menghinggapi para manusia di zaman modern ini.


www.pueblapictures.com
Objek fotografi sangatlah beragam. Mulai dari objek Manusia (pria, wanita dan anak-anak), kemudian objek hewan, objek tumbuhan, juga objek benda. Di internet kita dapat menemukan banyak sekali contoh potret berbagai objek tersebut. Hasil jepretan para fotografernya sangat bagus dan indah. Mereka mengambil objek foto dengan berbagai sudut (angle) yang membuat mata terkagum melihat hasilnya. Semakin mudahnya menemukan alat untuk memotret dan kreativitas manusia, terutama kaum mudanya, kini tidak hanya benda-benda besar yang dijadikan objek fotografi, namun benda kecil seperti Korek api pun, bisa menjadi objek foto yang bernilai tinggi.
Seni fotografi yang menggunakan korek api sebagai objeknya, bisa kita sebut sebagai Korekgraphy. 

Di Indonesia ternyata sudah ada yang mencoba menelurkan karya seni fotografi dengan menggunakan korek api ini, dia adalah Rully, seorang pemuda yang berasal dari banten. Saat saya melihat hasil karyanya lewat instagram miliknya, saya tidak menyangka bahwa ternyata korek api yang kecil dan mungkin sudah jarang digunakan ini, menjadi objek foto yang indah dan bernilai seni tinggi. Bahkan, katanya, rully sendiri sekarang memulai bisnis fotografi korek api ini, bagaimana caranya ya?

From : Korekgraphy Instagram
Ketika saya melihat rully dalam acara talkshow di salah satu stasiun TV local, tadi malam, rully menuturkan bahwa, ia sendiri tidak menyangka, bahwa hobinya memotret korek api ini, bisa membuatnya mempunyai penghasilan sampingan di luar pekerjaanya, bahkan akhirnya ia pun resign dari pekerjaanya, karena ingin serius menggeluti hobinya ini. Yang membuat objek foto ini menjaadi unik adalah, beberapa buah korek api ini, oleh rully dijadikan sebuah objek seperti manusia, seorang laki-laki dan seorang perempuan. Selain itu ruli juga membuat objek foto lainya, seperti sepeda, gerobak dan juga sebuah payung.

Teknik foto yang digunakan oleh Rully, sebetulnya tidaklah terlalu rumit. Menggunakan kamera DSLR seri 600D, dan lensa fix, rully sudah bisa menghasilkan foto korek api yang bernilai seni tinggi. Kamu bisa melihat hasil karya korekgraphynya, lewat Instagram rully.

Selain rully, sebelumnya sekitar tahun 2013, sebuah situs online yang bertajuk Sor Sow.com, menceritakan tentang seorang fotografer asal Rusia bernama Satnislav Aristov, yang juga hobi memotret objek korek api. Hasil fotonya sungguh diluar dugaan, sangat indah dan bernilai seni tinggi. Kamu bisa melihat hasil karyanya   DI SINI.

from: Sor Sow.com
Sepertinya, dunia fotografi akan terus menelurkan hasil-hasil karya dari para fotografernya, yang lebih unik, menarik, bermakna dan bernilai seni tinggi. Buktinya korek api yang hampir jarang digunakan saja, bisa menjadi objek foto yang cantik. Ini lah inti dari sebuah foto yang baik, bahwa ketika foto tersebut dilihat oleh mata orang-orang, orang-orang tidak hanya sekedar melihatnya, dan pergi begitu saja, tetapi mereka ikut merasakan apa yang terjadi dan diceritakan dalam foto itu, dan berkata “ini benar-benar bagus”.

Lets more creative to make beautifull and meaningfull photo !!










Created by: @fitryanb
picture: Instagram Korekgraphy dan Sow Sor.com




1 comment: