Wednesday, 25 November 2015

Mengapa tidak boleh melakukan seks sebelum menikah? #Nopremarital

Seks adalah hal yang paling sensitif dan masih dianggap Tabu untuk diperbincangkan dalam kebudayaan dan adat kita sebagai orang timur (indonesia-Asia). tetapi semakin sering  kata tabu itu disebut, semakin bertambah rasa penasaran orang-orang terhadap seks. banyak pertanyaan yang mungkin ada di pikiran orang-orang tersebut yang belum terjawab dengan sempurna, sehingga mereka ingin mencari tahu jawabanya dengan "mencoba" seks yang dilakukan bersama pasanganya. tidak ada yang salah saat seks dilakukan bersama Pasanganya masing-masing setelah adanya Pernikahan yang "halal" yang sering dipergunjingkan adalah mengapa tidak diperbolehkan melakukan seks sebelum menikah. 

saya menulis kembali tentang apa yang disampaikan oleh seorang wanita asal Nigeria yang tinggal di United State, dalam blog pribadinya Ronke Alao yang banyak membahas tentang Cinta, Pernikahan dan fotografi. sebelum kita membahas tulisanya, sekilas kita melihat United state, adalah negara Amerika yang terkenal dengan pergaulan bebasnya. salah satunya adalah seks bebas. disana hal-hal seperti seks sebelum menikah banyak orang yang melakukanya. saat sepasang orang amerika saling mencintai, mereka haus membuktikan keseriusan mereka bukan dalam pernikahan, namun harus melakukan seks terlebih dahulu, setelah itu apabila mereka merasa nyaman, baru kemudian mereka akan menikah. namun bila melihat kehidupan seorang Ronke Alao ini, saya jadi berfikir bahwa sepertinya tidak semua orang yang tinggal di Amerika, setuju dengan Seks bebas, buktinya masih ada orang-orang seperti miss Ronke yang hidup "Normal" dalam mencari keutuhan cintanya lewat pernikahan, baru kemudian menyempurnakanya dengan hubungan seks setelah menikah.


www.fitryanb.com


Ronke Alao  menceritakan saat-saat dimana dia menjalani hubungan dengan seorang pria (kekasihnya) dan bagaimana mereka berkomitmen untuk tidak melakukan seks sebelum pernikahan, bahkan mereka sebagai sepasang kekasih yang saling mencintai, menjaga agar tidak berciuman bibir hingga hari pernikahan mereka. Ronke juga banyak menerima gunjingan semacam " ah, dasar ketinggalan zaman, cinta macam apa yang banyak aturan seperti itu" ucapnya. tetapi kenyataanya dia berhasil menjaga hal tersebut hingga akhirnya menikah dan mempunyai anak. bagaimana cara yang Ronke lakukan untuk menyempurnakan cintanya dalam pernikahan dan tidak melakukan seks sebelum pernikahan, berikut penuturanya yang sudah saya terjemahkan dalam bahasa saya sendiri:


1. Beritahukan anda tidak melakukan sex before marriage dengan alasan yang masuk akal.

Ronke membiarkan kekasihnya mengetahui bahwa dia tidak ingin melakukan sex sebelum pernikahan terjadi. ronke menyarankan kita jangan memberikan alasan yang ambigu kepada kekasih kita seperti " Aku tidak mau melakukanya karena Dosa", setiap manusia adalah pendosa, hanya tingkat dosanya mungkin berbeda-beda, sebaiknya katakanlah alasan yang masuk akal, seperti "Aku tidak ingin melakukanya karena aku tidak ingin merasa bersalah, aku juga tidak ingin merasa ragu-ragu dan merasa tidak percaya kepada calon suamiku nanti ketika hendak melangsungkan pernikahan". menurut ronke rasa ragu, tidak percaya dan bersalah itulah yang akan mengurangi kadar Cinta kita terhadap pasangan yang akan menikah dengan kita nantinya. bukankah Cinta kepada calon suami kita adalah harus terjadi sepenuhnya tanpa ada rasa lain yang menggagu?.

2. Tidak semua pasangan kekasih melakukan seks sebelum pernikahan.

Ronke menyarankan, para wanita jangan mau dibodohi dengan perkataan kekasihnya yang menyebutkan bahwa " saat ini, semua orang yang jatuh cinta melakukanya" kita tidak boleh menjudge semua orang yang memiliki kekasih "pasti" melakukan seks. karena pada kenyataanya ada juga pria dan  wanita di berbagai penjuru dunia ini, yang masih ingin hidup dengan baik-baik dengan bersabar untuk hanya  melakukan seks setelah menikah. sangat berbahaya jika kita menjudge semua pasangan belum menikah melakukan Seks, karena kita justru akan sulit menemukan seseorang yang berfikiran sama untuk tidak melakukan seks sebelum menikah.

3.  wanita bisa mengetahui, kekasihnya adalah calon suami yang baik untuknya atau sebaliknya.

Ronke berhasil mengkomunikasikan mengenai hal ini kepada kekasihnya, dia tidak ingin ada kebohongan dalam hubungan mereka. ronke tidak menginginkan seks sebelum pernikahan, karena tujuan yang baik. yaitu untuk menuju pernikahan. namun jika wanita dihadapkan pada keadaan dimana kekasihnya selalu beragumen bahwa dia tetap ingin melakukan seks, dan bila tidak sang pria akan meninggalkanya, itu sudah merupakan jawaban apakah sosok pria tersebut adalah baik untuk masa depan wanita tersebut atau tidak.

4. LDR (long distance relationship) cara yang baik untuk tidak terlalu sering berkontak fisik.

menurut Ronke, LDR sangat baik untuk menghindari sex before marriage ini, karena tidak ada keseringan untuk berkontak fisik yang intim dengan kekasih kita. ronke dan kekasihnya hanya bertemu untuk sekedar hangout, pergi makan di restoran favorit mereka atau hanya untuk saling menatap mata satu sama lain. bercengrama hanya untuk melepas rasa rindu mereka. selebihnya mereka memang disibukan dengan kegiatan masing-masing tanpa melupakan komunikasi yang baik satu sama lainya. 

5. No Sex Talk= Bicara soal seks dan bermain Api.

istilah "jangan bermain api, jika tidak ingin terbakar" cocok dengan masalah ini. seks akan semakin kuat dirasakan, bila sepasang kekasih memang sering membicarakanya, apalagi membahasnya dengan detail. mungkin membahasnya secara general (umum) wajar saja, hanya berbagi pengetahuan, selebihnya kita harus secepatnya mengganti topik pembicaraan. 

6. Rencanakan sesuatu jangka panjang ketika bertemu kekasih.

Ketika bertemu kekasihnya, Ronke suka membahas tentang visi dan misi masing-masing antara dia dan kekasihnya. dalam obrolan santai mereka, mereka suka membicarakan berapa jumlah anak yang mereka inginkan jika kelak menikah, apakah salah satu diantara mereka suka tinggal menetap di satu daerah.negara, atau malah suka berpindah-pindah karena faktor pekerjaan dll, selain itu mereka juga membicarakan apa yang mereka suka dan tidak suka, mereka seperti berbagi satu sama lain, mungkin terkesan tidak ada artinya, tetapi menurut Ronke dia melihat justru karena hal-hal seperti ini lah, banyak pasangan menikah  yang berakhir dengan perceraian. segala hal harus dibicarakan secara terbuka kepada kekasih kita, sehingga tidak ada hal yang terlalu membuat kaget, saat memang kelak ditakdirkan untuk hidup bersama sebagai Suami-Istri.

7. Menikah memang jawaban terbaik untuk menghindari Seks diluar Pernikahan.

Ronke mengajak kita para wanita untuk membayangkan, bagaimana jika seandainya kita melakukan seks diluar pernikahan, dipikiran pasangan tersebut hanyalah Cinta dan Kontak Fisik. tidak ada pembicaraan visi dan misi kehidupan, tidak ada pernikahan, tidak pernah ingin tahu tentang apapun mengenai masing-masing kekasihnya, sepertinya semua akan terasa hambar dan perlu diwaspadai. mungkin banyak yang bercerai saat ini, karena hal ini terjadi dalam kehidupan mereka. sebaiknya kita melakukan Pernikahan. yang disaksikan semua keluarga dan kerabat, dan mereka juga melihat kita melangkah bersama dengan seorang laki-laki yang berkomitmen dengan kita dalam pernikahan, di depan orang banyak. so sweet... ;)  Tuhan kita pun akan senang melihat kita bahagia dengan cara yang DIA anjurkan. tuhan tidak akan marah pada kedua pasangan itu, karena mereka bertindak dengan benar. bila mereka bertindak dengan benar, tuhan pasti akan memberi banyak keberkahan dan kebahagiaan untuk pasangan menikah tersebut. 

Cerita Ronke Alao saat menjalin hubungan dengan kekasihnya, hingga ia menikah sangat menginspirasi ya... dia yang notabene non muslim pun, hidup dengan "Normal", dan banyak pasangan menikah dari kepercayaan lainya pun hidup "normal" dan terlihat bahagia. seks bukanlah jaminan menjadi Pasangan yang berbahagia bila dilakukan sebelum terjadi pernikahan, seks sebelum pernikahan terlalu berisiko tinggi, terlalu stress untuk dipikirkan dan dilakukan, terlalu terkesan memalukan, terlalu cepat bahagia dan mungkin cepat bersedih. saya setuju dengan prinsip hidup Ronke alao dalam menjalin hubungan dengan kekasihnya yang kini sudah jadi Suaminya, apa kamu juga setuju? 














Rewrite from: www.ronkealao.com
Rewrite by: @fitryanb






1 comment:

  1. Remaja indonesia juga banyak yg terkontaminasi, mba. Kayanyaaaa...

    Tapi semoga tulisan ini menginspirasi banyak pihak

    ReplyDelete