Thursday, 19 November 2015

4 Unsur yang membuat Usaha Kuliner ini Sukses.

bisnis adalah alternatif terbaik yang orang pilih untuk memperbaiki keadaan finansial nya. saat ini sudah banyak juga orang yang mempunyai usaha sendiri. ada yang bekerja sekaligus berbisnis, ada juga yang pure hanya berbisnis, ada juga yang multitask, dia banyak mengerjakan perkerjaan, sekaligus menjalankan bisnisnya. sekilas orientasi mereka pastinya untuk uang, untuk keuntungan dan prestasi serta branding yang mereka lakukan agar mereka dikenal.wajar... namun tulisan ini, terkesan egois ya,haha... maaf, sebetulnya bukan ini yang akan saya share di blog ini.. hehe.. saya akan berbagi mengenai cara pandang saya melihat salah satu lokasi bisnis di bidang kuliner yang ada di daerah jakarta timur ini. kita akan menjelajahi lokasi kuliner ini lewat blog saya, lets start!!


Sumber: Google
Bisnis di bidang kuliner yang satu ini bernama "Kedai Locale". saya pertama kali tahu tentang kedai ini, saat saya melihat review nya di salah satu stasiun TV lokal kita. saya senang melihat review tentang bisnis mengenai apapun, salah satunya mengenai bisnis kuliner. tadinya saya fikir, bisnis kuliner itu cukup mudah, hanya tinggal membuat olahan masakan saja, ada tempat untuk makanya dan juga harga yang bisa diterima oleh semua kalangan, bisnis sudah bisa berjalan. Namun, setelah melihat review tentang bisnis kuliner satu ini, ternyata semua pemikiran saya yang sebelumnya tersebut, berhasil dibantahkan oleh tayangan tersebut. ternyata memulai bisnis kuliner yang unik pun, ada tipsnya. baik dari segi permasaranya, branding, lokasi, target pasar dan arsitekturnya.

Kalau kamu adalah orang yang berminat membuka usaha kuliner yang terkonsep dan menguntungkan tentunya, kita bisa mencontoh usaha Kedai Locale ini. kedai Locale berada di Jakarta timur, tepatnya di jalan Balai Pustaka timur Blok C6, Rawamangun. Saat melihat seluruh ruangan kedai locale di acara review tersebut, menurut saya kedai locale ini mempunyai karakter yang kuat dengan tema yang mereka terapkan pada kedai ini. Bagaimana kedai locale ini bisa selalu ramai dan diminati ya?

Saya melihat ada beberapa hal atau Unsur yang menjadikan Kedai locale ini begitu unik dan bisa membuat orang tertarik untuk datang ke sana, Unsur tersebut adalah:


1.      Lokasi
Review di TV itu memperlihatkan bahwa Lokasi Kedai Locale ini, bisa dibilang pas dan strategis. Jalanya ramai setiap hari dilewati pengguna jalan. Dan, kedai locale ini letaknya pas di persimpangan lampu merah, sehingga dilewati orang dari beberapa arah jalan. Tentunya ketika kita lewat kesana dan kebetulan sedang ingin makan, kedai ini sudah pasti jadi tujuan utamanya, karena terlihat cukup mencolok diantara jalan persimpangan tersebut.


2.      Arsitektur

Saat ini, orang ingin pergi ke suatu tempat kuliner, termasuk ke Kedai Locale ini, sepertinya tidak hanya ingin sekedar makan disana saja, tetapi juga mereka ingin berlama-lama berada disana karena tempatnya yang membuat nyaman dan indah. Selain makan di kedai tersebut, mereka juga banyak yang mengambil foto bersama, atau menikmati desain sekelilingi kedai tersebut. Karena kedai locale ini memiliki desain tempat yang “Indonesia” sekali, tapi juga dipadukan dengan desain modern.


Untuk sekelas “Kedai” menurut saya kedai locale ini arsitekturnya rapi, tertata dengan sempurna. Terutama penataan lampu dan cahaya di sekitar ruangan kedai. Kedai yang berlantai 3 ini, ketika dilalui oleh para tamunya, ada hal yang paling menonjol dan memang cirri khas kedai locale ini, yaitu cahaya lampu yang menguning. Maksud menguning disini adalah, cahaya yang dipantulkan dari lampu yang dipasang di kedai tersebut, tidak terlalu terang, tapi juga tidak terlalu gelap. Motif lampunya juga unik, yaitu dari anyaman bambu.

Selain itu penataan Meja dan Kursi ternyata juga penting, dan mempengaruhi tamu yang akan datang nanti. Dari lantai satu kedai tersebut, terlihat meja dan kursi yang digunakan adalah sejenis meja dan kursi yang biasa kita gunakan di sekitar teras rumah kita. Satu kursi, satu meja. Menginjak ke lantai ke-2 kursi-kursinya mulai menggunakan kursi sofa, atau dari kayu yang bisa memuat orang hingga 4 orang/kursi. Kemudian naik ke lantai 3, kursi dan mejanya dibuat lebih santai, dan lantai 3 ini katanya cocok untuk Smooking area.


3.      Akses Internet

Karena sekarang ini, berselancar di Internet dan berbagi ke social media, sudah menjadi kebiasaan orang-orang saat mereka pergi ke suatu tempat, maka selain desain, arsitektur suatu tempat harus bagus dan menarik, adanya Wiffi di sekitar area, juga sangat diperlukan di zaman sekarang ini. Tujuanya tentu selain membantu promosi kita di Dunia maya, adanya wiffi bisa membuat pelanggan ingin berlama-lama tinggal.


4.      Mutu Pelayanan.
Hal ini adalah yang paling penting, karena berhubungan dengan konsumen secara langsung. Dimata konsumen, mereka akan kembali lagi ke suatu tempat atau restoran/tempat makan, dimana mereka merasa kenyang, nyaman dan betah saat mengunjungi tempat kuliner tersebut, hal itu lah yang harus selalu diutamakan dalam pelayanan. Pelayanan di Kedai locale, sudah pasti selalu diusahakan dengan baik untuk mencapai kepuasaan pelangganya. Terbukti, kedai ini katanya terlihat selalu ramai.




Sumber: Google

 Sepertinya, jika kita hendak memulai bisnis kuliner, tidak ada salahnya kita belajar dari kedai locale ini. Tentunya kita juga ingin kan, saat memiliki bisnis (apapun) nanti, bisnis tersebut bisa berjalan dalam jangka waktu lama, dan untuk bisnis kuliner, tentunya memiliki batas waktu yang lama, karena siapapun pasti menyukainya.


Rewrite from : Review kedai locale MNC Travel

1 comment: