Saturday, 24 October 2015

Kekinian: Hijab segitiga dan Pashmina motif kotak-kotak dan Velvet

Hijab menurut sebagian orang adalah Penutup kepala. biasanya hijab ini digunakan oleh wanita muslim di Indonesia maupun di seluruh dunia. tetapi, yang pernah saya dengar dari ustadz Felix Shiaw, hijab ini artinya penutup sesuatu. bisa penutup kepala atau juga tirai atau hal lain yang sifatnya menutupi. sedangkan pakaian dengan model gamis panjang, yang menutupi seluruh tubuh (kecuali kepala) disebut Jilbab. saat ini, di Indonesia sendiri, Hijab sudah sangat banyak macamnya. awalnya tampilan Hijab yang dijual di indonesia sangat simple. seperti hijab yang diproduksi brand Rabbani yang merupakan pelopor kerudung instant Indonesia. kemudian di sejak 2012 hingga saat ini, model hijab semakin banyak macamnya dan cukup membuat bingung para wanita yang hendak menggunakanya.

memakai hijab saat ini tampak menjadi trend. diluar dari si pemakainya nyaman/tidak, sudah 100 persen menutup aurat atau tidak, dan juga memang ingin ikut memakainya karena sedang banyak yang pakai. bagaimanapun itu, hijab saat ini merupakan bagian dari fashion wanita muslim indonesia yang wajib ditampilkan secara matching dengan pakaian sehari-hari yang kita gunakan. jika kita meihat sosial medi seperti Twitter dan Instagram, kita bisa melihat hastag #ootd, dimana dalam hastag itu ada berbagai macam gaya penampilan wanita baik yang muslim maupun non muslim yang sedang mengenakan pakaian juga hijab yang macth secara model dan warnanya.

akhir-akhir ini, ada beberapa model hijab yang kain dasarnya seperti kain untuk pembuatan kemeja. motifnya yang kotak-kotak dengan warna cenderung hitam dan putih, membuat hijab jenis ini banyak diminati ternyata.


Hijab dari bahan kain kemeja yang kekinian


awalnya ketika melihat hijab jenis ini banyak digunakan oleh kaum perempuan, terutama di usia muda, saya melihat sepertinya kainya yang agak tebal dan kasar ini sepertinya kurang nyaman untuk dipakai sebagai hijab sehari-hari. namun dengan motif dan coraknya yang classic dan simple, sepertinya para wanita muda ini belum lengkap koleksi hijabnya, jika belum memilikinya. hijab "kotak-kotak" dan Polkadot ini biasanya berupa hijab segitiga, namun ada juga yang berupa Pashmina. cara memakai hijab yang segitiga sangat simple, sama hal nya dengan cara memakai hijab segitiga dari bahan paris. banyak wanita muda yang menggunakanya untuk hangout sehari-hari atau untuk tampilan yang lebih casual.


biasanya hijab kotak-kotak dipakai dengan cara seperti ini (gambar 1)

bisa juga digunakan seperti ini (gambar.2)

setelah mencoba memakainya, sepintas memang hijab yang kekinian ini terlihat bagus, mudah digunakan dan tidak mudah kusut. namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya hijab jenis ini nyaman dan terlihat matching saat digunakan sepanjang hari, diantaranya:


  • Jika kamu mempunyai leher yang kurus dan cukup panjang, gunakan dengan cara seperti di Gambar 1
  • jika kamu mempunyai leher yang tidak kurus dan kurang panjang, gunakan seperti cara Gambar 2
  • saat memakai hijab seperti ini, gunakan pakaian yang polos (tidak bermotif) untuk menghindari tabrak motif.
  • hijab ini tidak memerlukan ciput/inner, karena bahanya cenderung panas, namun jika kamu suka memakai inner, tidak masalah.

sebelum kehadiran hijab kotak-kotak seperti ini, juga banyak yang memakai hijab pashmina dan segitiga dari hijab yang berbahan kain velvet. sepintas jenis hijab pashmina ini banyak digunakan wanita muslim di negara Turkey. di sana ada satu brand fashion muslim besar yang memamerkan cara berkerudung yang unik dengan hijab berbahan velvet ini. sebetulnya, saya kurang suka dengan hijab berbahan velvet ini, karena susah rapihnya, dan terkadang bahanya cukup panas. namun untuk penggunaanya sangat cocok untuk menhgadiri acara resmi seperti Undangan pernikahan. digunakan dengan baju semi kebaya atau dress brukat, hijab dari bahan velvet ini tampak serasi.



(gambar 3) hijab segitiga velvet
(Gambar 4) hijab pashmina velvet

ada juga jenis hijab pashmina lainya yang dibuat dari bahan seperti Polyester, dengan motif kotak-kotak. jenis hijab ini tidak mudah kusut dan cukup nyaman digunakan bersama inner. namun harus berhati-hati ketika menggunakan pin (jarum pentul) karena bisa merusak bahan kainya. jenis pashmina ini cocok digunakan untuk sehari-hari, bisa digunakan dengan cara casual atau syar'i.

(gambar.5) pashmina gaya syar'i

(Gambar 6) hijab casual

Dari semua jenis hijab yang diceritakan diatas, saya masih lebih suka jenis hijab yang terbuat dari bahan paris atau chiffon. karena bahanya adem dan mudah digunakan. untuk lebih bijak memilih jenis hijab yang cocok dengan kita, supaya kita tidak terlalu banyak mengeluarkan budget untuk membeli hijab, pilihlah hijab yang memang kita perlukan dan bahanya nyaman untuk kita. seringnya, karena banyak model hijab baru saat ini, kalau kita belum pakai rasanya belum Pede. kita kembali lagi ke Fungsi hijabnya, tidak hanya menutupi kepala kita saja, namun juga membuat kita berbeda dengan penganut agama lainya, yaitu kita adalah orang islam.dan usahakan ketika kita menggunakanya, kita bisa menutupi bagian dari tubuh kita yang kurang pantas jika terlihat terlalu jelas di mata orang lain. walaupun kita belum bisa memakai hijab syar'i saat ini, paling tidak gunakanlah hijab dengan baik dan sopan. 

#OOTD #HIJAB














Created by: @fitryanb16 (IG)
Model: @zhiie20 (IG)
Fotografer: @fitryanb16 and @zhiie20






1 comment: