Friday, 28 August 2015

Investasi Sejak Zaman Dulu (review from "kitab anti bangkrut" Jaya Setiabudi)

Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan dimasa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal
Itulah pengertian investasi versi Wikipedia. Investasi sangat akrab dikalangan para pengusaha besar ataupun kalangan pejabat juga selebriti atau siapapun yang sudah mempunyai penghasilan berlebih dan ingin menggunakanya untuk  masa depan. Bentuk investasi yang mereka pilih juga bermacam-macam, seperti para selebriti yang biasanya menginvestasikan uang mereka untuk membuat bisnis kuliner atau clothing line, atau Para pengusaha yang juga menginvestasikan uangnya untuk membeli beberapa property.


from google




Saat ini ada banyak jenis investasi yang bisa dipilih oleh para Investor. Apapun jenis investasi yang dipilih haruslah yang bisa mendatangkan keuntungan bagi para investornya. Mereka juga harus jeli dalam memperhitungkan resiko yang akan mereka terima disetiap mereka melakukan investasi. Dengan begitu ketika nantinya mereka mengalami kerugian, diharapkan perbandingan keuntungan dengan kerugianya adalah 50:50. Paling tidak, sebagian uang mereka akan kembali, dan bisa digunakan untuk investasi di bidang yang lain. Melihat hal itu, tentunya kita ingin tahu, investasi seperti apa yang aman dan tidak terlalu berisiko untuk kita, berikut ada 3 jenis investasi yang aman dan ada sejak dari dulu, yang dikutip dari buku “Kitab Anti Bangkrut” karangan Jayasetiabudi:


  •      Properti

Terutama tanah besar yang berprospek. Sifat tanah tersebut tidak mudah dicairkan/non liquid dan kecenderunganya terus naik karena keterbatasan. Orang zaman dulu biasanya banyak yang menginvestasikan uangnya untuk membeli tanah.apalagi yang membeli tanah di pinggiran kota yang kedepanya akan dijadikan perumahan atau lahan sector bisnis. Selain itu, jika memang investasi property kita bersifat jasa, kita bisa membangun rumah diatas tanah tersebut dan menyewakan rumah tersebut atau membangun sebuah villa dikawasan wisata, seperti sewa villa puncak di daerah puncak bogor. Setiap musim libur, banyak wisatawan yang akan memerlukan tempat singgah sementara ketika sedang berlibur disana. Tentu saja nanti di masa depan, investasi Jual tanah dan investasi untuk penggunaan sewa villa puncak tersebut akan menjadi investasi yang menguntungkan.

From GooGle


  •    .Emas

Emas mudah dicairkan, tapi fluktuasi salah satu tips dari jaya setiabudi ini dalam investasi emas adalah sisihkan uang untuk pembelian emas. Mirip dengan tabungan. Tentang emas lebih lanjut, menurut jaya setiabudi sifat emas sesungguhnya lebih cenderung mengamankan nilai uang dari inflasi dibandingkan investasi. Mungkin itulah sebabnya, orang tua kita sering berpesan, kalau nanti punya uang lebih, belikan perhiasan. Apalagi jika nilai uangnya sedang naik. Ini adalah kesempatan yang bagus untuk mendapatkan keuntungan. Baik itu emas kuning atau emas putih, keduanya punya nilai uang yang menguntungkan.


From Google

  •  .    Bisnis Autopilot

Bisnis autopilot adalah bisnis yang sudah mempunyai system, sehingga dapat berjalan sendiri. Tujuanya adalah mendapatkan penghasilan pasif setiap bulanya. Setiap bisnis memiliki resiko. Oleh sebab itu menurut jaya setiabudi, sebelum memasuki investasi bisnis, harap fahami resikonya juga, bukan hanya untungnya saja. Jika kita pensiunan dari perusahaan BUMN atau Multinasional yang bonafit, yang mempunyai uang pension yang lumayan besar, ketika ingin berinvestasi autopilot, kita bisa coba membeli frienchise dari bisnis yang sudah terkenal dan jelas track recordnya. Dengan begitu kita hanya tinggal mengatur keuangan yang masuk dan keluar serta membayar royalty.

Frienchise yang sukses di Indonesia

Setelah mengetahui 3 jenis investasi diatas, sepertinya investasi emas dan tanah, sudah bukan hal yang baru lagi. Dari sejak dulu, orang tua kita sering memberi nasihat dan bercerita bahwa mereka melakukan investasi dengan cara membeli tanah atau emas. Selain itu mereka juga rajin menabung, bukan menaruh uangnya di Bank, tetapi mereka menaruh uang di tempat tertentu yang aman, dan mereka akan menyimpanya dalam waktu yang lama, dan akan digunakan ketika memang membutuhkan sesuatu yang penting/darurat. Walaupun cara ini terkesan tidak efektif dan kurang aman, dari sanalah kita belajar menghemat dan berinvestasi.

Dapat dibayangkan ketika investasi yang kita tanamkan pada beberapa bidang investasi, dan ternyata berhasil, kita bisa mendapatkan keuntungan, dan bisa jadi setelah kita tidak bekerja lagi atau tidak medapat penghasilan tetap lagi, investasi ini menjadi asset kita dan menjadi tumpuan untuk masa depan kita. Di masa tua nanti, kita hanya tinggal mengelola keuangan hasil investasi kita dengan baik. 

No comments:

Post a Comment