Friday, 22 May 2015

seperti apa kuliah di jurusan Manajemen itu?


Ada sedikit cerita nih, untuk adik-adik yang tahun ini baru lulus sekolah menengah, dan akan melanjutkan pendidikan tinggi ke Universitas negeri maupun swasta, yang kebetulan mengambil kuliah jurusan manajemen. Untuk menjelaskanya secara umum, saya akan menggunakan bahasa yang cukup mudah dimengerti supaya intinya adik-adik bisa memahami.

from google



Awal saya mulai kuliah dulu, saya mengambil jurusan manajemen di fakultas ekonomi, karena selain cukup banyak peminatnya, saya berfikir kalau jurusan ini akan sangat membantu saya dalam memahami masalah “bekerja” nantinya. Yang ada di fikiran saya waktu itu, manajemen adalah jurusan yang cocok sekali untuk orang yang memang akan kerja kantoran nantinya, jadi harapanya nanti bisa mudah dalam menghadapi setiap pekerjaan apapun di perusahaan.

Setelah menginjak semester 3, mulai ada perubahan paradigma saya tentang kuliah di jurusan manajemen, itu gara-gara ucapan salah satu dosen saya waktu itu, beliau bilang seperti ini: “kalian itu masuk ke jurusan manajemen, untuk dididik sebagai calon manajer/pemimpin untuk perusahaan yang kalian dirikan sendiri nantinya” kemudian beliau juga bilang “ berwiraausahalah kalian, kalau mau faham manajemen”. Dan hal tersebut seperti terngiang-ngiang di telinga saya, karena setiap bertemu mata kuliah tersebut, beliau akan mengulang-ulang kalimat tersebut saat membahas materi kuliah. So, saat itu saya menyimpulkan, kalo kuliah di jurusan ini adalah untuk mendapatkan bekal ilmu bukan hanya saat kerja kantoran, tapi juga ketika kita akan belajar menjadi seorang pebisnis.


finance management from google


Di kampus saya dulu, materi manajemen ada 4 hal dasar yang harus dipelajari nantinya, yaitu ada Manajemen Keuangan, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen pemasaran.  Kalau dilihat-lihat semua unsure tersebut pasti ada dalam sebuah perusahaan ataupun suatu bisnis. Jika keempat hal tersebut dikelola dengan baik, maka akan memberikan “feed back” pada perusahaan/bisnis tersebut berupa “kesuksesan”,  “keberhasilan” juga “kemajuan” bagi perusahaan/bisnis tersebut.

kuliah di jurusan manajemen di lembaga pendidikan manapun itu, saya rasa sama saja, yang akan dipelajari nantinya ya seputar empat hal yang tadi saya sebutkan diatas, ditambah dengan beberapa mata kuliah penunjang lainya seperti akuntasi, perpajakan, kewirausahaan dll. Ketika kita bekerja/menjadi seorang pebisnis, dalam aktivitas pekerjaanya, apa yang saya pelajari dulu, ternyata memang terjadi dalam kenyataanya. Hal yang saat kuliah hanyalah teori yang kadang saya gak pernah hafal juga, ternyata dalam praktiknya, teori itu benar adanya.

from google


So, Tips untuk adik-adik yang mungkin akan mengambil kuliah di jurusan ini, ada baiknya kalau sambil kuliah disini, kalian bisa sambil mempraktikan keseluruhan teorinya juga, supaya bisa benar-benar “faham” dengan manajemen yang kaya akan teori tersebut. Baik bekerja ataupun menjadi pebisnis, itu tergantung passion kalian, yang paling penting, manajemen ini adalah hal dasar yang jika dikelola dengan baik dalam suatu bidang tertentu, akan memberikan dampak yang sangat positif bagi bidang tersebut.

So… selamat kuliah di jurusan manajemen ya J



2 comments:

  1. “kalian itu masuk ke jurusan manajemen, untuk dididik sebagai calon manajer/pemimpin untuk perusahaan yang kalian dirikan sendiri nantinya” kemudian beliau juga bilang “ berwiraausahalah kalian, kalau mau faham manajemen”. kata-kata ini juga selalu diucapkan oleh dosenku :) kita sama2 jurusan manajemen.. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi... Tos dluu... :P salam kenal jugaa ya... :) udah lulus?

      Delete