Friday, 20 March 2015

kapan kita harus bersyukur?


apa yang kamu rasakan ketika pergi berlibur dengan keluarga/sahabat tercinta, kemudian kalian semua mengunjungi tempat wisata alam, dimana begitu banyak, keindahan alam yang sangat elok, yang jarang kalian jumpai disekitar tempat tinggal kalian, what do you feel, when you look around there? semoga ketika kita sama-sama melihat bahwa keindahan alam yang sangat bervariasi itu, kita sadari bahwa itu semua adalah bagian dari PenciptaaNYA. all is alloh created.

ternyata makna bersyukur tidak hanya sampai disitu saja, dalam situasi apapun , kita manusia, selalu akan menemui hal-hal baru dalam kehidupanya yang mungkin dapat membuat dia bahagia atau sebaliknya. disitulah sering dipertanyakan, kapan kita harus benar-benar bersyukur dengan semua ini.


photo from: click

sering kali, karena kesibukan setiap manusia dengan tingkat yang berbeda-beda, bisa mengesampingkan rasa bersyukur ini kapan saja. yang kita tahu hanyalah menyenangkan bisa membeli apa yang kita suka, bisa makan apa saja yang kita inginkan, bisa pergi hangout dengan teman-teman kemana aja, bisa bergosip sepuasnya, ikut arisan dan berharap menang, karena mau traktir temen-temen yang sebenarnya orang mampu juga, dan mungkin masih segelintir orang yang ingat akan rasa sosialnya kepada orang lain yang jauh lebih membutuhkan.

saya pernah melihat beberapa orang yang walaupun sebenarnya mereka dalam keadaan susah, tapi mereka masih bisa mengupayakan untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain. semisal saat salah satu dari mereka benar-benar dalam keadaan pas-pas an dalam keuanganya, tiba-tiba temanya meminta tolong pada dia, dengan alasan mau pinjem uang karena anak balitanya perlu susu formula, dan ibu balita tersebut sedang sakit.sementara dia benar-benar dalam keadaan pas-pasan juga, tapi dia mengupayakan untuk membantu temanya tersebut, walau sebenarnya dia juga butuh. dan apa yang terjadi? ternyata bukanya malah kehabisan uang, tapi dia yang telah membantu temanya tersebut mendapat balasan 2x lipat setelahnya. subhanallah sekali ya..

hal-hal tersebut insha alloh adalah benar adanya, ketika kita sulit dan tetap bersyukur, ternyata kita bisa membantu orang lain yang mungkin lebih susah dari kita. sama hal nya dengan ketika berpergian ke tempat wisata alam, kita merasa akan merasa sangat refresh dan senang apabila sebelumnya kita telah bersyukur dapat mengunjungi dan menikmati keindahan alam tersebut. bersyukur setiap harinya dapat kita lakukan, bila tidak terucap, ucapkanlah dalam hati. kita juga bisa bersyukur ketika kita melaksanakan solat isya di akhir hari, dan ketika bersujud, kita bersyukur atas apa yang telah terjadi di hari ini, untuk kmeudian menambah semangat lagi di hari berikutnya.

so... mari kita bersyukur setiap hari gals, karena ini tidak menguras tenaga dan pikiran kita, ini justru dapat membuat kita merasa aman, tentram dan nyaman. baik disaat tersulit maupun senang sekalipun, dan tetap percaya padaNYA, bahwa semua yang terjadi akan baik-baik saja. aaminnn...

 

 

2 comments:

  1. I kindly reminder Mba, thanks ya, inspiring untuk terus berbagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama.... mba , thanks for like :)

      Delete