Friday, 2 January 2015

Rahasia Masakan Enak


Memasak , adalah kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Saat ini tidak hanya wanita yang punya hobi memasak, tetapi pria juga banyak yang hobi memasak. Masakan itu sendiripun kini beraneka macam jenisnya. Dari masakan tradisional Indonesia, western hingga mix dari keduanya.

Ada lagi hal yang sering kali ditanyakan ketika menyangkut dengan sebuah masakan, yaitu “masakanya enak gak”? apalagi ini ditanyakan kepada orang terdekat kita. Jika responya baik berarti masakanya enak. Tapi paling bĂȘte juga, ketika masakan kita dikomentari dengan “aduh terlalu asin” atau “kok rasanya hambar gini sih “ really badmood.


So, what must we do, in order to our cuisine have good taste?  Ada beberapa tips dari ibu saya mengenai hal ini,  dalam bidang memasak, menurut saya ibu saya adalah a chef yang baik untuk dijadikan guru supaya saya nanti bisa seperti beliau… apa saja rahasia masakan enak itu? 

From Google


  •          Bawang Merah


Masak selalu identik dengan adanya bumbu. Bumbu ini biasanya terdiri dari beberapa macam rempah, bawang, dan lain sebagainya. The secret adalah, buatlah bumbu yang banyak menggunakan bawang merahnya. Tentu saja ini disesuaikan dengan masakanya. Apabila mayoritas masakan kita adalah khas Indonesia, pemakaian bawang merah sangat penting. Misalkan kita akan membuat bumbu “semur” ayam merah, kita membutuhkan sedikitnya 10 butir bawang merah, supaya bumbu yang dihasilkan nanti cukup banyak untuk melumuri ayam semurnya.

From Google
  •         Bawang putih


Biasanya bawang putih akan disandingkan dengan bawang merah, tapi tidak selalu dalam hal memasak. Kita bisa memaksimalkan penggunaan bumbu bawang putih  ini, untuk menghilangkan bau amis pada masakan laut yang kita buat. Selain itu bawang putih  juga sangat berguna, ketika kita ingin memasak masakan yang simple namun 100% gurih. Misalnya tempe goreng, sebelum digoreng, kita bisa mencampurkan tempe ke dalam rendaman air bawang putih dan sedikit garam, supaya setelah di goreng, rasa tempenya lebih gurih dan enak. Atau ketika ingin membuat perkedel kentang, kita bisa campurkan bawang putih dan lada bubuk, agar tercipta rasa gurih yang agak pedas. Tentu bawang putihnya dihaluskan terlebih dulu. 


from google
  •           Kecap Asin Seafood


Yang satu ini juga tidak kalah penting. Ibu saya biasanya menggunakan kecap asin, ketika menumis masakanya. Segala macam tumisan, rasanya akan lebih hidup dengan memakai beberapa tetes kecap asin. Sebaiknya gunakan beberapa tetes terlebih dahulu di awal memasak, kemudian cobalah, apabila dirasa masih kurang pas, selanjutnya bisa ditambahkan beberapa tetes lagi sesuai keperluan.

from google

  •        Tidak mudah basi


Sebaiknya masaklah bumbu masak yang telah dihaluskan (untuk bumbu semur, acar, teriyaki, opor dll) dengan teknik memasak yang benar supaya, masakan tidak cepat basi dan dibuang begitu saja. Biasanya ibu saya akan Mulai dengan mencuci sayuran dengan sangat bersih, kemudian menggunakan minyak goreng yang sehat dan memasak bumbu masakan hingga matang terlebih dulu, baru kemudian memasukan sayuran ke dalam bumbu tersebut. Dan taraaa… masakan tidak akan mudah basi, karena basicly bumbu dan sayuranya sudah benar-benar matang ketika dimasak.


  
  •         Penyedap rasa

Inilah salah satu kekuatan untuk menyempurnakan sebuah masakan.  Penyedap rasa ini berbagai macam jenis dan merekya, kita bisa menggunakanya sesuai selera kita. Ibu saya sering menambahkan “sedikit” gula pasir ke dalam olahan tumisanya, supaya rasa antara penyedap lainya, lebih bersatu dan enak.

from google


selamat memasak ya :) 







Story by: @fitryaNB
Picture from: google
Inspired by: My Mom

No comments:

Post a Comment