Friday, 30 January 2015

MALAS SOLAT

hari ini saya akan bercerita tentang Sholat. sebagai seorang muslim dan muslimah, kita sangat diwajibkan sholat. " solatlah kamu, sebelum disolatkan" lalu ada juga ayat al-qur'an yang berbunyi " solat adalah tiangnya agama" . begitulah pentingnya solat, sehingga jika sudah terbiasa melakukanya, kita hanya tinggal mendalami, apakah solat yang kita lakukan ini sudah benar menurut agama kita? apakah gerakan saat solat dan bacaanya sudah sesuai dengan yang dianjurkan agama kita? thats the important.

saya menulis tentang solat hari ini, karena saya merasa khawatir, saat ini, tahapan solat yang saya lakukan adalah dalam tahap memahami apakah solat saya sudah benar atau masih salah. yang membuat khawatir adalah, saya masih menjumpai orang,teman, saudara, bahkan orang terdekat, yang sebenarnya solat mereka belumlah teratur, seperti para pria yang hanya melakukan solat pada saat hari jum'at saja. thats so scared...


a men pray at mosque (from google)




kenapa untuk solat saja mereka merasa sulit ya? katakanlah, mungkin mereka memang sibuk, sehari-hari bekerja atau berdagang.. tapi kan mereka muslim, seharusnya mereka bisa melakukan solat, karena mereka merasa muslim dan takut padaNYA, bukan karena manusia juga. ada yang masih bilang, "saya mau solat kalau lantai rumah ini sudah bersih 100% dari kuman" , " saya mau solat kalau nanti keseharian saya sudah santai lah, sekarang masih sibuk" dan yang lebih lebay lagi adalah "saya mau solat kalau kamu yang nyuruh saya solat" hehe... (aduh, gak malu apa masa ada laki-laki seperti itu ya) hehe


a woman pray at mosque (from google)


Kalau kamu terkena sindrom MALAS untuk SOLAT, ada tips nih, supaya setidaknya kamu mencoba untuk mendirikan solat di setiap harinya, walau mungkin nanti solatmu belum benar, setidaknya cobalah.

1. Bangun lebih Pagi/subuh
 cobalah untuk bangun lebih subuh, lebih pagi... kamu akan merasa jauh lebih semangat, dalam melakukan apapun, dan mulailah lakukan solat subuh dahulu.

2. tunggulah suara adzan
 mungkin kamu terlalu malas untuk melakukan solat subuh, tunggulah jam istirahat siang. tapi jangan sembarang menunggu ya, tunggulah suara adzan terdengar. jika disekitar daerahmu tidak pernah terdengar adzan, lihatlah di TV atau lihatlah di aplikasi HP mu, kamu bisa ko menemukan jadwal solat sesuai daerah/negaramu. dan solatlah.

3. Mulailah dari sekarang
 dan... MOVE ON itu memang benar adanya... Move ON tidak hanya dilakukan ketika sedang galau, karena sesuatu.. tapi Move on lah untuk hal lain yang lebih penting... salah satunya, move on lah dalam hal perbaikan Ibadahmu. dijamin... gak akan rugi, malah ketenangan yang akan kamu dapatkan, dan insha alloh kebahagiaan juga yang akan kamu dapatkan.


semoga... yang kena sindrom MALAS SOLAT ini, cepat MOVE ON ya.. :)








Created by: @fitryanb
theme: Resolusi Blog 2015

5 comments:

  1. Lg mikir2 untuk menghentikan berbagai aktivitas menjelang waktu shalat.. temen2ku yang cowok, yang udah tau kalau cowok itu wajibnya shalat di masjid pada udah lebih disiplin dibanding aku :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... dipikirin dan dilakukan ya :) gpp kok, semua butuh proses, perlahan tapi pasti, dan emang harus dipastiin dilakukan, krena ini soal ibadah sih ya, wajib pula.. he.. semangat !! wah, hebat tuh tmn2 cwoknya.. anak baik hehe

      Delete
  2. subhanAllh ~ thank Fitrya شكرا :)

    ReplyDelete
  3. subhanAllh ~ thank Fitrya شكرا :)

    ReplyDelete
  4. subhanAllh ~ thank Fitrya شكرا :)

    ReplyDelete