Tuesday, 16 December 2014

6 hal yang harus diperhatikan di usia 25 Tahun

"Selamat Tinggal 24 tahun dan selamat datang 25 tahun". tepat hari ini, usia saya berkurang 1 tahun sebenernya, tapi secara angka bertambah 1 tahun. hal ini istimewa menurut saya, karena setiap pergantianya, selalu ada cerita dan hal yang terjadi, yang membuat pemikiran saya berubah. mungkin semua itu adalah salah satu alasan kenapa hidup itu harus berubah, walau tidak 100% terlihat perubahanya, tapi bisa kamu rasakan sendiri. tidak ada yang berbeda di usia ini, masih sama seperti sebelumnya, hanya saja menurut saya, ada beberapa hal yang harus saya asah lagi, untuk menjadi pribadi yang baik di usia yang baru, sama-sama menginjak usia ini? yuk kita baca...







  •    Tetap jadi diri sendiri seperti sebelumnya

Just be youre self. Jangan pernah punya keinginan untuk mencoba hal-hal negative karena berpikiran “ah saya kan udah dewasa” berarti boleh ini-itu lah. You must try to be a good person more than before. Walau banyak rintangan untuk menjadi orang baik, tapi setidaknya mencobanya lebih bagus daripada tidak sama sekali. menjaga kesehatan dan lebih sering menambah ilmu pengetahuan yang update saat ini. mencoba belajar agama lebih rajin lagi,mengurangi emosi dan amarah, supaya hidup kita ini, tetap berada dalam lingkup yang baik dan benar, tidak melenceng kesana-kemari, dan pribadi kita pun akan lebih terbentuk dan jelas. 

  •          Jangan pilih-pilih dalam berteman

Teman dan hubungan pertemanan itu biasanya terjalin karena satu sama lain memiliki visi dan misi yang sama (menurut saya). Siapapun itu baik teman yang usianya lebih tua, ataupun lebih muda, kita harus bisa open minded dengan mereka. Bisa saja saran mereka yang lebih muda akan berguna buat kita, apalagi saran teman yang lebih tua. Kita hanya tinggal memfilter bagian mana yang kita setujui. kalau kita termasuk anggota komunitas, jangan sungkan untuk terus bercengkrama dengan teman-teman satu komunitas, biasanya banyak hal baru yang didapat di dalamnya. selain itu menjaga silaturahmi pertemanan agar pertemanan kita semua ini, lebih bermakna dan bermanfaat. 
  •   Harus lebih cantik dan rapi

Kebetulan, saya ini perempuan, jadinya hal ini saya masukan sebagai hal yang penting diperhatikan ketika menginjak usia ini. Lebih cantik bukan berarti menambah, apalgi merubah apa yang sudah kita miliki. Menurut saya, kita hanya harus tampil lebih “fresh” dan bersih. Kalau memang suka bermake up, ya gunakan make up yang sewajarnya dan sesuai dengan situasinya. Sementara Rapi, itu harus, karena biasanya orang kalau sudah rapi, ya akan cantik.


selfpotrait dulu- temanya Vintage
  •     Financial

Hm… hal ini cukup sensitive untuk dibahas secara detail. Tapi mau gak mau, ini akan selalu menjadi bagian dari hidup kita sampai kapanpun. Bagi yang telah bekerja, ya lebih rajin menabung, atau membuka deposito, atau juga membuat asuransi jiwa. Bagi yang tidak bekerja tetap, atau feelance dan berwirausaha, ya tidak beda jauh dengan yang bekerja, saya sangat ingin mencoba menggunakan rumus financial yang popular itu, tapi step by step yang akan dilakukan adalah, mengurangi ‘jajan’ dan ‘belanja’ .

  •     Pasangan

Hanya ada dua kategori untuk hal ini. Bagi yang sudah punya komitmen dengan calon pasanganya berarti sudah niat untuk memutuskan hidup bersama, maka pastinya menikah di usia ini adalah pilihan terbaik. Bagi yang masih single, atau belum membuat komitmen dengan calon pasanganya, hal ini akan bercabang lagi… bila menuju penguatan komitmen maka lanjutkan lah, tetapi jika tidak, tinggal kan saja. Begitu seterusnya, hingga memang suatu saat bertemu dengan orang yang mengajak berkomitmen. Karena komitmen itu penting, ibaratnya saya mengaku warga Negara Indonesia asli, tapi saya tidak pernah ingin membuat KTP, tentu saja itu hal yang rancu, itu hanya cari aman saja, hehe. Usahakan, selalu bisa menjaga hubungan baik dengan orang yang mengajak berkomitmen (tentunya) juga dengan orang yang hanya lewat saja dalam kehidupan kita. Jangan pernah cari musuh. Hehe

  •     Cinta Orangtua, kerabat dekat dan orang lain
     Yang paling penting adalah, ketika usia kita menuju ke arah dewasa, kita harus lebih respect sama sekeliling kita, dan bisa kita mulai terhadap kedua orang tua kita. mungkin apapun yang bisa kamu lakukan, hal apapun yang kamu tahu, baik itu pengetahuan, soal agama, kamu bisa lebih share sama mereka dan bisa lebih berdiskusi, sepertinya mereka sudah tidak terlalu menganggap kamu  anak kecil dan pastinya akan mendengarkan hal yang baik yang kamu ceritakan. setelah itu respect lah terhadap kelurga dan kerabatmu, supaya nanti mereka juga bisa respect terhadap kita dan akan percaya pada kita. dan terakhir, pedulilah dengan lingkungan sekitar dan orang-orangnya. insha alloh, hidup kita akan lebih berarti lagi, bila bisa maksimal dalam hal ini.  

1 comment: