Sunday, 9 November 2014

Pesta "Laut" Pangandaran yang Terlewatkan

assalamualaikum teman-teman semua, selamat berlibur yah di hari minggu ini, semoga dimanapun kalian melakukan liburan pekan ini, selalu dilindungiNYA, tetap berhati-hatilah dimanapun kalian berada.

apa minggu ini diantara kalian ada yang sedang berlibur ke Pantai? wah pantai mana nih? ke Pangandaran kah? kalau iya, ada sedikit cerita tentang Pantai Pangandaran nih dari saya, yuk kita simak... hehe

Pantai Pangandaran saat Pagi hari yang mendung

Pantai Pangandaran, sudah terkenal lah di kalangan masyarakat indonesia khususnya, bahkan dikalangan asing umumnya. banyak orang yang menyegajakan berlibur jauh-jauh hari sebelum weekend disini, hanya untuk dapat menikmati pemandangan dan wahana pantainya. yang menarik saat beberapa waktu lalu saya berkunjung (lagi) kesana, adalah tentang adanya ritual "Pesta Laut".


 Mendengar kata "Ritual" biasanya cukup membuat saya merinding nih, karena identik dengan hal-hal mistis dan semacamnya. tradisi seperti ini memang banyak dijumpai di indonesia, salah satunya Pantai pangandaran. sayang sekali, ketika saya kesana, Pesta "Laut" nya sudah dilaksanakan sehari sebelumnya, sehingga saya tidak bisa mengabadikan moment-moment pesta tersebut. ketika bertemu beberapa warga pantai, mereka bilang "teh, keliatan gak rumah-rumah kecil di ujung pantai sana" ?
saya jawab " iya pak, emang itu apa yah?", bapak itu bilang " itu sisa pesta laut kemarin, sesembahanya masih terlihat" katanya.

saya cuma penasaran aja, dan ingin tahu, seperti apa sih pesta laut itu, kebetulan ada teman ayah saya, yang sudah 1 tahun bekerja disana, dan seringkali menyaksikan pesta laut tersebut, dan berikut penuturanya:

"Pesta laut ini, biasanya diadakan setiap tahun. acaranya adalah masyarakat setempat melakukan larung, sesembahan kepada penguasa laut, berupa kepala kerbau, dan sesuatu lainya. ritual ini dilakukan di hari kamis, malam jum'at kliwon. ketika pelarungan sesajen tersebut berlangsung, nanti akan ada beberapa orang yang naik perahu, kemudian mereka akan kejar-kejaran perahu, dan berlomba mendapatkan air yang melarungka sesajen tersebut, siapa yang berhasil mencuci mukanya dengan air tersebut, akan mendapat berkah"

Perahu yang digunakan untuk melarungkan sesembahan 

ketika melihat sekitar pantai, pagi-pagi sekali saya masih melihat beberapa perahu yang di desain khusus untuk acara ritual tersebut. ritual seperti itu, sudah menjadi tradisi masyarakat setempat, dan mungin akan terus berlangsung secara turun temurun.

keliling pantai, bisa sambil menaiki kuda sewaan ini


menurut saya, Pangandaran memang tempat wisata yang bagus, dan menyenangkan, hanya saja kalau boleh saran, pemerintah setempat hanya tinggal merapihkan beberapa hal,, sperti pedagang-pedagang sekitar pantai dan  pembersihan sampah disekitar pantai. karena menurut saya, masih kurang rapi saja, seperti bertumpuk dan bercampur aduk jadinya. kalau bisa lebih rapih, lebih teratur, lebih banyak warna yang menarik, mungkin Pangandaran bisa jadi seperti di Film "Beverly hills beach" hehe.

sovenir 
walau sudah beberapa kali ke pangandaran, tapi saya dan keluarga ,jarang banget beli-beli sovenir dari sana, biasanya kita kesana cuma karena ingin melihat pantai, pasir, dan makan seafood, karena kami semua sebenarnya "Penakut" dengan hal yang berhubungan dengan air laut. setelah melihat-melihat sovenir disana, boleh juga, membeli beberapa yang paling murah, buat koleksi aja hehe.

Cuma bsa narsis pinggir pantai aja hehe

wah.. wah... senang juga yah, bisa melihat pantai yang indah, bisa mengagumi betapa indah dan bermanfaatnya ciptaan Alloh SWT yang satu ini. semoga siapapun yang berkunjung kesana, termasuk masyarakat setempat, bisa melindungi dan memanfaatkan tempat tersebut, untuk sesuatu yang baik (wallahualam).










Photo by :@fitryanb
narasumber: Pak Gito (thank you)
camera use: Canon rebel T3/Fix lens



2 comments:

  1. wahhh pasti seeru kalo sampe tengah lautt ya mbak aseekkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,,, seruuu banget pastinya.. tapi saya penakut mas.. gak berani hihi

      Delete