Wednesday, 10 September 2014

Teacher Diarys (semacam review)

Teacher Diarys (2014) Thai Movie

entah lah, saya suka film-film yang bergenre Comedy Romantis seperti ini (selain horor). selain itu saya juga suka dengan latar tempat di film ini, sekilas jadi ingat Film Indonesia yang berjudul "laskar Pelangi" itu, hanya saja, fokus film ini pada kisah gurunya.

singkat cerita,
ibu guru Ann (pemeran wanita) senang mengajar di sekolah kapal, yang hanya memiliki murid 5 Orang saja.keadaan kelas mereka ini, berada di sebuah rumah dari kayu, yang mengapung diatas sungai. suatu ketika, karena merasa "gagal" mengajar mereka, bu guru Ann berhenti dan posisinya di gantikan oleh Pak Song (pemeran pria). mereka berdua sama sekali tidak saling kenal.

yang menarik adalah "Buku Diary" yang Bu Ann tulis selama mengajar di sekolah kapal, ternyata ditemukan oleh pak song, dan dia membacanya hingga selama mengajar, buku diary Bu Ann lah yang membuatnya semangat, sekaligus membuatnya menyukai Bu Ann, walau mereka tidak saling mengenal.Pak song merasakan apa yang bu Ann rasakan selama mengajar di sekolah Kapal.


Bu Ann memikirkan Pa Song, orang yg belum pernah dia temui

Pak Song, semangat mengajar di sekolah kapal, karena catatan isi diary Bu Ann

YANG MENARIK>>

Saya suka adegan dimana ada seorang anak yang diberikan soal cerita matematika, tentang kereta api, si anak bertanya balik pada pak song "seperti apa rasanya naik kereta api itu pak"? (anak nelayan yang selama hidupnya tinggal di sungai), tanpa kehabisan ide, akhirnya Pak song menarik sekolah kapal dengan perahu boat, seolah-olah itu adalah kereta yang sedang melaju. si anak pun akhirnya mengerti tentang soal kereta itu.

Kemudian, keadaan hidup di rumah kapal, yang mengharuskan seorang guru tersebut bukan hanya mengajar, tetapi juga memasak, memberikan baju, menidurkan anak-anak muridnya di sekolah kapal tersebut. dengan cahaya yang terbatas, mereka tetap senang.

Alur ceritanya Maju-Mundur, dan membuat cerita demi ceritanya saling berhubungan. selain itu, saya suka adegan dimana Bu Ann dan Pak song (pada saat yang berbeda) berteriak S.O.G (Sekolah Orang Galau) dan melompat ke dalam sungai. pada saat yang berbeda, sebenarnya mereka sedang dilanda kegalauan yang cukup berat.

ENDING... yang menurut saya sangat manis, dan jarang ditemui di Film-film bergenre sejenis. singkat, manis namun bermakna.




Pak Song dan Murid-murid sekolah kapal










 


Selamat menonton ya :)






 




No comments:

Post a Comment